oleh

Wakil Rektor II UMI Bekali Tiga Hal pada Yudisium FT UMI Periode II Tahun 2020

banner 728x90

MAKASSAR, DIKITA.id – Wakil Rektor II Universitas Muslim Indonesia (UMI) Prof Dr H Salim Basalamah SE MSi memberikan sambutan pada Yudisium Fakultas Teknik UMI periode II tahun 2020 secara virtual, Kamis (22/10/2020).

Di hadapan para pimpinan fakultas, calon wisudawan baik yang hadir secara online maupun offline berikut orang tua, ia memberikan sambutan dengan membekali tiga hal.

“Ada tiga hal yang akan saya berikan kepada para peserta yudisium. Yakni tiga hal pokok yang menjadi sifat Rasulullah supaya kita disayangi dan dihormati orang,” ucap Prof Salim.

Prof Salim menegaskan, sifat ini harus melekat di hati kita masing-masing.

Sifat yang pertama yakni sifat wara’ah. Yaitu sifat rendah hati dan tidak sombong. “Semakin banyak kita belajar, semakin banyak yang kita tidak tau, bukan semakin banyak kita merasa tau,” tegasnya.

Sifat wara’ah ini, kata Prof Salim, sesuai dengan visi UMI yaitu menghasilkan sarjana yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah. “Dengan begitu, mau tidak mau adik-adik calon wisudawan ini akan memikul tanggung jawab sebagai sarjana. Dan saya yakin insya allah ini adalah calon-calon pemimpin kita,” harap Prof Salim.

Sifat yang kedua adalah sifat qana’ah, yakni sifat yang selalu bersyukur dan tidak mudah mengeluh. Prof Salim mengatakan, orang yang mempunyai sifat ini tidak pernah merasa gelisah dalam hal apapun.

“Sifat yang terakhir adalah tawadhu’. Semakin tua semakin merunduk. Sifat malu apabila berbuat dosa dan selalu koreksi diri. Dengan memiliki ketiga sifat ini, maka kita menjadi sarjana yang terhormat di kalangan masyarakat,” tuturnya.

Adapun tiga sifat tersebut adalah sifat mulia yang Rasulullah tanamkan kepada kita semua. “Semoga adik-adik calon wisudawan ini bisa mempraktikkan ketiga sifat tersebut dan menjadi sarjana yang berilmu amaliah dan beramal amaliah,” tutup Prof Salim.

image_pdfimage_print

Komentar

News Feed