oleh

SDK Serahkan Sejumlah Bantuan di Pelosok Desa Ballasantaneteang Mamasa

banner 728x90

MAMASA, DIKITA.id – Anggota Komisi IV DPR RI, DR. H. Suhardi Duka menyerahkan bantuan senilai 300 juta saat pertemuan dengan sejumlah masyarakat dan kelompok tani di Aula Desa Ballasatanetean, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa. Senin, 18 Juli 2022.

Bantuan masing-masing, 200 juta untuk Unit Pengelolaan Pupuk Organik (Uppo) dan 100 juta untuk Kebun Bibit Rakyat (KBR).

Penyerahan ini disela kegiatan bimbingan teknis pengelolaan bantuan prasarana dan sarana pertanian guna mendukung percepatan dan pelaksanaan program dan kegiatan PSP (Prasarana dan Sarana Pertanian).

Suhardi Duka juga menyampaikan terima kasih kepada warga atas dukungannya.

“Kedatangan saya untuk menyampaikan terima kasih kepada warga yang telah memilih saya, maaf baru sempat hadir. Ini sekaligus menyambung kembali silaturahmi,” katanya.

Sambung kata SDK, Posisi saya di DPR RI, Komisi IV bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat yang mayoritas petani dan nelayan. Saya bisa bisa memberikan support kepada petani yang ada disini, bisa dibantu melalui DAK, nanti saya bantu komunikasi dengan pak menteri. Apalagi tahun ini saya dengar Kabupaten Mamasa tidak dapat. Semoga bisa diusahakan, ucapnya.

Selain itu saya bisa bantu bibit alpukat, saya juga akan usahakan bisa bantu ternak babi di Mamasa dan Kalumpang. Juga ada bantuan Uppo dan Bioflok, bantuan diberikan harus bentuk kelompok dan rekomendasi dari dinas pertanian atau instansi terkait. Imbuhnya.

Camat Balla, Paulus menyampaikan terima kasih kepada Suhardi Duka atas kunjungannya yang menyempatkan hadir menyapa warga Kecamatan Balla.

“Pak SDK (sapaan akrab Suhardi Duka) ini sudah populer sejak dulu disini, namun baru kali ini bisa bertemu langsung. Ini suatu kebanggan bagi kami. Semoga hari ini kami bisa dibekali masalah pertanian dan menerima aspirasi masyarakat di Kecamatan Balla yang ada 8 desa,” ucapnya.

Paulus mengusulkan adanya sentuhan untuk kelompok pemuda, “Jika di izinkan kita akan bikin Suhardi Duka Cup pada bulan Agustus, yang sudah dua tahun tidak dilaksanakan karena covid-19,” katanya.

Kadis Pertanian Menton menyampaikan, kehadiran Suhardi Duka sangat cocok di Mamasa yang bidang komisinya membidangi pertanian. Semoga kehadiran bapak menjadi berkat bagi Mamasa khususnya warga disini Kecamatan Balla.

Ia menjelaskan, Kabupaten Mamasa mempunyai potensi besar, dengan 17 kecamatan dan jumlah 168.082 jiwa penduduk. Dengan jumlah klompok tani yang ada 2.000 lebih. Mamasa ini selain padi sawah yang menjadi unggulan, juga kopi Mamasa terkenal arabica dan robusta, yang sudah berturut-turut juara satu dan dua tigkat internasional. Ini krena didukung iklimnya. Selain itu juga potensi disini adalah bawang merah, semoga ini mendapat sentuhan dari pusat, ucapnya.

Pihak Kementerian Pertanian, Andy Halu berharap kegiatan Bimtek ini bisa lebih memahami tentang pentingnya menjaga keberlanjutan sumber daya air dan lahan serta pemanfaatan bantuan alat mesin pertanian, pupuk maupun keikutsertaan kita dalam asuransi usahatani padi maupun ternak untuk menunjang pembangunan dan pertanian yang mampu mensejahterakan masyarakat dan menguatkan ketahanan pangan nasional.

anh/rfa

image_pdfimage_print
Spread the love

Komentar

News Feed