oleh

SDK Dorong Pelestarian Taman Nasional Gandang Dewata

banner 728x90

MAMASA, DIKITA.id – Anggota Komisi IV DPR RI, DR. H. Suhardi Duka menghadiri sosialisasi dan fasilitasi kesepakatan konservasi masyarakat (KKM) Desa di Taman Nasional Gandang Dewata.

Kegiatan berlangsung di Kantor Kecamatan Tabulahan, Kelurahan Lakahang, Kabupaten Mamasa, dihadiri sejumlah kepala desa dan perwakilan masyarakat. Senin, 18 Juli 2022.

SDK berharap agar masyarakat tetap menjaga kelestarian alam, sehingga taman nasional Gandang Dewata terjaga dengan baik.

“Ini (Taman Nasional Gandang Dewata) adalah aset terbesar yang kita miliki, aset Indonesia bahkan dunia. Aset untuk masa depan anak-anak kita, untuk kelangsungan hidup yang akan datang, jadi harus di jaga dengan baik,” kata sapaan akrab DR. H. Suhardi Duka.

Ia juga menyampaikan, keselarasan hidup dengan alam akan membuat hidup lebih baik. Aneka ragam flora dan fauna yang ada harus selalu dijaga, jangan sampai diburu untuk dikomersilkan sehingga bisa punah dan berakibat hukum yang menjerat.

Percaya saja, jika kita jaga alam dengan baik, maka alam akan menjaga kita, sehingga membuatnya tetap lestari adalah pilihan yang baik dan bijak untuk kita dan generasi akan datang, imbuhnya.

Hadir pula pada kesempatan ini dari Kementerian LHK yang menyampaikan harapan, agar terbangun kerjasama dengan msyarakat yang ada disekitar taman nasional Gandang Dewata.

Selain itu, terbangun rasa saling percaya dan saling menguatkan, serta saling penghargaan.

Diketahui Taman Nasional Gandang Dewata adalah taman nasional ke-53 di Indonesia yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : 773/Menlhk/Setjen/PLA.2/10/2016 pada tanggal 3 Oktober 2016 tentang kawasan Gandang Dewata seluas 180.078 hektar dan dideklarasikan pada tanggal 5 April 2017.

Gandang Dewata cukup terkenal dengan gunungnya yang menjadi impian para pendaki untuk dijelajahi dengan ketinggian sekitar 3.037 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi kedua di pulau Sulawesi.

anh/rfa

image_pdfimage_print
Spread the love

Komentar

News Feed