oleh

Salurkan Bantuan, Bupati Apresisasi Sosialisasi Pengendalian Kerusakan Gambut

banner 728x90

MAMUJU, DIKITA.id – Bupati Mamuju menghadiri, sosialiasi pengendalian kerusakan gambut yang diselenggarakan Anggota DPR RI Komisi IV, Suhardi Duka bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK) melalui Ditjen Ditjen Pengendalian Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan, Senin (18/10).

Pada kegitatan itu, Bupati Mamuju menyampaikan bahwa pemetaan terhadap fungsi ekosistem gambut dan kondisi eksistingnya di masyarakat belum begitu familiar.

Olehnya itu dibutuhkan langkah sosialisasi terhadap pemanfaatan dan perlingdungan ekosistem gambut yang diharapkan dapat mengakomodir berbagai sudut pandang agar dapat menjamin kelestarian fungsi ekosistem gambut di ibukota Sulbar.

Bupati meyakini kabupaten Mamuju yang terdiri dari 11 kecamatan, memiliki potensi besar terhadap ekosistem gambut, namun berbagai faktor telah sangat mempengaruhi mindset terhadap pemanfaatan lahan gambut serta resiko kerusakan lahan yang timbul akibat kurangnya pemahaman tersebut.

“Oleh sebab itu diperlukan pemahaman yang lebih komprehensif terhadap hal ini,” kata Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi.

Anggota Komisi IV DPR RI, Suhardi Duka mengatakan, setiap tahun lahan gambut terus berkurang tentu ekosistem terganggu.

Padahal katanya, gambut adalah ekosistem dunia yang harus dipertahankan karna menghasilkan Co2 yang dihirup saat ini.

“Kedepan nanti ini akan menjadi andalan pendapatan negara, nantinya akan ada negara yang mengkonsumsi dan negara yang memproduksi kita ingin menjadi negara yang memproduksi selain minyak, gas dan produk yang lain,” sebutnya SDK, sapaan akrabnya.

Oleh sebab itu untuk menunjang sekaligus bentuk apresiasi pemerintah dalam mengelola dan merawat lahan gambut di Mamuju, Anggota DPR RI Komisi IV dan Bupati Mamuju menyerahkan dana bantuan serta motor tiga roda sebanyak 5 unit kepada kepala desa dan pelaku kelompok usaha.

Diskominfosandi/zul/rfa

image_pdfimage_print

Komentar

News Feed