oleh

Polres Mamasa Kurang Personil dan Polsek

banner 728x90

MAMASA, DIKITA.id – Kepolisian Resort (Polres) Mamasa, saat ini masih kekurangan personil maupun Kepolisian Sektor (Polsek) untuk menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Mamasa.

Polres Mamasa hanya memiliki sebanyak 321 personil, atau 43,9 persen. Masih kekurangan 439 personil, jika dibandingkan dengan luas wilayah dan jumlah penduduk di Kabupaten Mamasa.

Secara administratif, wilayah Kabupaten Mamasa terdiri dari 17 kecamatan, 168 desa dan 13 kelurahan dengan total luas wilayah sekitar 3.005,88 km2.

Sementara, di wilayah hukum Polres Mamasa hanya terdapat enam Polsek dari 17 kecamatan.

Ke-enam Polsek tersebut diantaranya, Polsek Tabulahan, Polsek Aralle, Polsek Mambi, Polsek Sumarorong, Polsek Pana’ dan Polsek Mamasa.

Hal tersebut dijelaskan Wakapolres Mamasa, Kompol Abidin Rasyid saat melakukan Press Release, di Ruang Data Polres Mamasa, Kamis 31 Desember 2020, kemarin.

Wakapolres Mamasa, Kompol Abidin Rasyid mengatakan, masing-masing Posek mengcover penduduk yang tak sedikit dan juga wilayah cukup luas.

Kompol Abidin Rasyid menerangkan, tak hanya kekurangan personil, di beberapa Polsek memiliki wilayah hukum yang tidak dijangkau oleh jaringan telekomunikasi. Sehingga, kesulitan untuk mengakses informasi.

Idealnya kata Kompol Abidin Rasyid, satu Polsek membawahi satu kecamatan, namun, nyatanya beberapa Polsek di wilyah hukum Polres Mamasa membawahi lebih dari satu kecamatan.

Salah satunya kata dia, adalah Polsek Mamasa yang membawahi sebanyak lima kecamatan, masing-masing Kecamatan Mamasa, Kecamatan Tawalian, Kecamatan Sesena Padang, Kecamatan Balla, dan Kecamatan Tanduk Kaluak. Sementara, Polsek Mamasa hanya memiliki sebanyak 33 personil

Meski personil kurang, tetapi pengamanan situasi kamtibmas di masing-masing wilayah, tetap berjalan setiap saat.

“Kita masih kekurangan 11 Polsek dan juga 439 personil,” terang Wakapolres, Kompol Abidin Rasyid.

Untuk Polsek, kendalanya adalah tidak adanya lahan yang siap. Polres hanya diberikan anggaran untuk bangunan saja, tidak untuk pembebasan lahan.

“Jadi kalau ada lahan yang bisa dihibahkan oleh masyarakat, maka kami akan usulkan ke Pimpinan atas untuk pembangunan Polsek,” katanya.

Kedepan, pihaknya akan berupaya untuk melakukan penambahan Polsek, jika ada lahan yang tersedia.

“Yang pasti kami akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pengamanan kamtibmas di sejumlah wilyah di Kabupaten Mamasa,” pungkasnya.

wa/rfa

image_pdfimage_print

Komentar

News Feed