oleh

Kunker ke Mateng, SDK Serahkan Bantuan Kelompok Tani Hingga 2 Miliar Lebih

banner 728x90

MATENG, DIKITA.id – Anggota Komisi IV DPR RI, DR. H. Suhardi Duka menyerahkan bantuan kepada 21 kelompok tani di Kabupaten Mamuju Tengah yang nilainya mencapai 2 miliar lebih dengan berbagai macam jenis bantuan, Kamis, 21 Juli 2022.

Penyerahan bantuan berlangsung di wilayah KM 10, Desa Salugatta, Kecamatan Budong-budong, Kabupaten Mamuju Tengah disela acara bimbingan teknis pengelolaan bantuan prasarana dan sarana pertanian guna mendukung percepatan dan pelaksanaan program dan kegiatan PSP (Prasarana dan Sarana Pertanian) yang juga dihadiri langsung ketua DPRD Mamuju Tengah, Arsal Aras.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan secara simbolis yaitu, kecamba sawit kepada 4 kelompok tani, traktor roda 4 (Jonder) kepada 3 kelompok tani, pompa air kepada 3 kelompok tani, traktor roda dua (TR2) kepada empat kelompok tani, handsprayer kepada 1 kelompok tani, P2L (Program pekarangan pangan lestari) kepada 4 kelompok tani dan Uppo (unit pengelolaan pupuk organik) satu kelompok tani.

Suhardi Duka (SDK) dalam sambutannya mengatakan, sebagai anggota DPR RI, ia memilih Komisi IV karena ingin lebih dekat dengan masyarakat, sebab di komisi ini (IV) bermitra dengan Kementerian Pertanian dan juga kementerian Kelautan. Dimana dua kementerian ini merupakan mayoritas dilakoni warga Sulawesi Barat.

“Saya ingin memberikan manfaat untuk masyarakat khususnya petani dan nelayan kita,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan kepada warga bantuan yang diberikan ada Uppo (Unit Pengelolaan Pupuk Organik), sehingga ia berharap kelangkaan pupuk bisa ditaktisi dengan pupuk organik, apalagi menurutnya pupuk organik baik untuk tanah.

“Pupuk yang baik itu, dari alam dan ramah lingkungan bisa dari kotoran sapi dan kambing. Sehingg pupuk organik harus dikembangkan dan aplikasikan, itu lebih baik,” ucapnya.

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan akan memberikan bantuan bioflok kepada kelompok tani yang mengusulkan, itu melalui dinas terkait.

Kadis Pertanian, Asmuni, menyampaikan terimakasih atas sejumlah bantuan Alsintan (Alat dan mesin pertanian) dari kementerian, selain itu bantuan infrastruktur pertanian dan sarana pertanian lainnya.

“Kami meminta kepada kementerian dan Suhardi Duka dibantu untuk mempertahankan lahan pertanian yang ada di Mamuju Tengah, apalagi sudah ada aturan bupati terkait perlindungan lahan pertanian. Sehingga dibutuhkan perhatian khusus. Ia juga berharap masyarakat konsisten dalam mempertahankan dan meningkatkan produksi pertanian,” kata Asmuni.

Mewakili Dirjen sarana dan prasarana kementerian pertanian, Ir. Andy Halu berharap Bimtek yang dilaksanakan, bisa lebih memahami pentingnya menjaga keberlanjutan sumber daya air dan lahan serta pemanfaatan bantuan alat mesin pertanian.

anh/rfa

image_pdfimage_print
Spread the love

Komentar

News Feed