oleh

Gempa di Majene Berdampak di Aralle dan Tabulahan Sejumlah Rumah Warga Rusak, Kapolda Kirim Bantuan ke Pana’

banner 728x90

MAMASA, DIKITA.id – Kepala Kepolisan Daerah (Kapolda) Sulawesi Barat (Sulbar), Brigjen Pol DR. Eko Budi Sampurno menyerahkan bantuan untuk warga yang terkena bencana alam di Ulu Salu, Kecamatan Pana’, Kabupaten Mamasa.

Bantuan berupa uang tunai, diserahkan langsung oleh Kapolda Sulbar, kepada Kapolres Mamasa AKB Indra Widyatmoko, S.I.K, Senin 25 Januari 2021, kemarin. Selanjutnya, akan akan dibelanjakan kemudian diserahkan kepada korban berupa kebutuhan pokok.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, longsor yang berada di wilayah Kecamatan Pana’, tepatnya di Ulusalu, sempat menutup akses jalan di wilayah tersebut. Namun, tak berselang lama akses jalan kembali mulus.

Tanah longsor, diakibatkan beberapa hari belakangan ini wilayah Kabupaten Mamasa terus diguyur hujan deras. Peristiwa itu, tidak ada korban jiwa maupun material.

Meski begitu, Kapolda Sulbar, melalui Polres Mamasa mendistribusikan bantuan berupa kebutuhan pokok pada Selasa 26 Januari 2021.

Menurut Kapolres Mamasa AKBP Indra Widyatmoko, informasi yang didapatkan tidak sesui dengan kejadian di lokasi. Stelah ditelusuri itu kejadian lama diperkirakan tahun lalu.

AKBP Indra Widyatmoko menjelaskan, secara kebetulan warga yang berada di lokasi kejadian, memiliki saudara di Kalimantan, dari sauadarnya lah yang di Kalimantan melaporkan ke Kapolda karena mungkin merasa iba, sehingga pimpinan menindak lanjuti.

“Tapi tidak masalah mau kejadian lama atau baru tetap kita bantu dengan ikhlas,” kata Kapolres AKBP Indra Widyatmoko ketika dikonfirmasi.

Ia mengatakan, kejadian itu bukan dampak gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang wilayah Kabupaten Majene dan Mamuju pada Jumat 16 Januari 2021 lalu.

Di Kabupataen Mamasa, terdapat wilayah yang terdampak dampak gempa Majene dan Mamuju mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak parah. Namun, itu terjadi di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Majene dan Mamuju.

Daerah tersebut, terdapat dinwilyah Mamasa tiga diantaranya Kecamatan Tabulahan, Kecamatan Aralle dan sebagian Kecamatan Mehalaan, berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Soisal Kabupaten Mamasa.

“Longsor yang terjadi di Ulu Salu itu, murni karena curah hujan bukan dampak gempa Majene dan Mamuju,” kata Indra Widyatmoko.

Meski demikian, atas keprihatinan Kapolda Sulbar ia tetap memberikan bantuan kepada warga walaupun tidak mengalami kerusakan yang parah.

“Saya rasa tidak masalah yang penting ikhlas saja untuk membantu,” tandasnya.

wa/rfa

image_pdfimage_print

Komentar

News Feed