oleh

FS UMI Siap Kolaborasi dengan Badan Bahasa Kemdibudristek

banner 728x90

JAKARTA, DIKITA.id – Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan kunjungan ke Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek, Jakarta, Senin (9/1/2023).

Bertempat di Aula Gedung M. Tamrin, tim dari Fakultas Sastra UMI yang berkunjung terdiri dari Dekan Dr Rusdiah MHum, Wakil Dekan I Dra Andi Hudriati MHum, Wakil Dekan II Ihramsari Akidah SPd MPd, Kepala Laboratorium Bahasa Dr Muli Umiaty Noer MHum dan Sekretaris BIPA Umar Mansyur SPd MPd. Kunjungan diterima secara langsung oleh Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek Hafidz Muksin SSos MSi.

Dalam sambutannya, Sekretaris Badan Bahasa menyampaikan tugas utama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yakni melaksanakan pengembangan, pembinaan, dan perlindungan di bidang bahasa dan sastra. Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga disampaikan tiga program utama Badan Bahasa, yakni literasi kebahasaaan dan kesastraan, perlindungan bahasa dan sastra, dan internasionalisasi bahasa Indonesia.

“UMI sebagai lembaga perguruan tinggi sangat terbuka lebar berkolaborasi dalam berbagai bidang layanan yang dikelola Badan Bahasa dan disinergikan juga dengan delapan program MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka),” kata Dekan Dr Rusdiah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, beberapa Koordinator Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) dalam lingkup Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek yang juga memaparkan program-program yang dijalankan dan potensi tindak lanjut dari kerja sama dan kolaborasi dengan Fakultas Sastra UMI.

Di antaranya KKLP UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia), KKLP BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing), KKLP Penerjemahan, KKLP Literasi Kebahasaan dan Kesastraan, KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum, KKLP Perlindungan dan Pemodernan Bahasa, dan KKLP Kamus dan Istilah.

Dari kesemua program layanan yang telah dijalankan tersebut, pihak Badan Bahasa sudah melalukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi HALO BAHASA yang sudah dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat secara luas.

image_pdfimage_print
Spread the love

Komentar

News Feed