oleh

Didampingi Bupati Mamuju, SDK Salurkan Bantuan 1.000 Paket Nelayan

banner 728x90

MAMUJU, DIKITA.id – Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi kembali mengulang rasa terimakasih kepada anggota DPR RI Komisi IV, DR. H. Suhardi Duka (SDK), yang untuk kesekian kalinya menyalurkan bantuan melalui program sinergi yang dibangun legislator senayan ini dengan berbagai pihak sebagai mitranya.

Kali ini, seribu paket nelayan melalui Ditjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan diterima oleh pemerintah daerah dan langsung dibagikan kepada penerima dalam kegiatan yang digelar di Nal Cafe Mamuju, Minggu, (17/10/21).

Foto : Bupati Mamuju Hj. St. Sutinah Suhardi bersama Anggota Komisi IV DPR RI, DR. H. Suhardi Duka saat Mengikuti Penyerahan 1.000 Paket Nelayan di Mamuju, Minggu (17/10/21).

“Bantuan dari bapak DR. H. Suhardi Duka ini sudah sangat banyak disalurkan khususnya di Kabupaten Mamuju, hal tersebut adalah bentuk komitmen beliau dalam upaya membantu meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Bupati Mamuju, Hj. St. Sutinah Suhardi dihadapan sejumlah keluarga nelayan yang hadir menerima bantuan pada kegiatan terbatas dengan protokol kesehatan tersebut.

Bupati perempuan pertama Kabupaten Mamuju yang tak lain adalah anak pertama politisi sekaligus mantan Bupati Mamuju dua periode DR. H. Suhardi Duka, juga mengurai berbagai persoalan yang dialami nelayan pasca bencana gempa bumi dan dampak refocusing anggaran menghadapi pandemi Covid-19.

Ia menjelaskan bahwa berbagai program yang telah direncanakan untuk menunjang produktifitas masyarakat benar-benar terdampak atas dua bencana yang dialami, sehingga dibutuhkan lompatan-lompatan dalam mengoptimalkan program yang ada demi menjaga stabilitas ekonomi masyarakat.

Selain itu diperlukan pula sinergi yang saling terintegrasi antara semua pemangku kepentingan sehingga program yang dilakukan dapat saling mengisi di semua tingkatan pemerintahan, serta di dukung oleh stakeholders lain yang berkaitan.

“Bersyukurnya kita punya pak SDK di Senayan yang menjadi perwakilan masyarakat Sulawesi Barat yang senantiasa memberikan bantuan kepada kita di Kabupaten Mamuju,” ucap Sutinah Suhardi.

Sementara itu, DR. H. Suhardi Duka yang hadir dengan stelan kasual Kaos biru ala demokrat ini, mengatakan dirinya sebagai legislator dari dapil Sulawesi Barat akan senantiasa berjuang untuk kemajuan Sulawesi Barat.

Ia menyebutkan, meski berbagai anggaran program yang direncanakan pada Kementerian sebagai koleganya telah sangat banyak direfocusing, namun ia akan berupaya semaksimal mungkin untuk tetap mendorong optimalisasi kegiatan di Sulawesi barat.

Secara khusus ia mengulas potensi perikanan di wilayah ini, SDK mengatakan potensi perikanan di Indonesia adalah yang terbesar di Asean, dan perairan di Sulbar adalah salah satu kekayaan yang menyimpan potensi yang sangat luar biasa, namun sayangnya kemampuan untuk mengolah segala potensi tersebut yang masih sangat kurang.

“Laut kita ini adalah jalur yang dilalui Bluefind Tuna (ikan tuna sirip biru) yang harganya sangat mahal, tapi belum bisa kita optimalkan, karena nelayan kita masih melakukan penangkapan tradisional dan ini bisa kita kembangkan,” terang SDK.

Ia berjanji, akan tetap berusaha semaksimal mungkin untuk terus mendorong kemajuan nelayan di Sulawesi Barat.

Ditempat yang sama, Kepala pelabuhan Samudra Kendari, Rahmat Irwan menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak mungkin terlaksana tanpa inisiasi bapak SDK Oleh karena itu, kami sampaikan terima kasih yang tak terhingga atas dukungan bapak anggota komisi IV DPR-RI.

Ia menjelaskan, terkait dengan kegiatan peningkatan pendapatan nelayan, Ditjen Perikanan Tangkap telah dan akan terus melanjutkan kegiatan antara lain, penyaluran bantuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas dengan memberikan bantuan kapal perikanan, bantuan alat penangkapan ikan, bantuan premi asuransi nelayan dan bakti nelayan serta memberikan peningkatan kapasitas dan kelembagaan nelayan antara lain fisilitasi sertifikasi hak atas tanah nelayan, gerai permodalan/kredit usaha nelayan, peningkatan kapasitas kelompok nelayan, pengembangan dan diversifikasi usaha nelayan dan keluarga nelahan, jaminan hari tua nelayan, fasilitas asuransi mandiri nelayan, dll.

“Sedangkan kegiatan dalam rangka menunjang stabilitas/penurunan biaya produksi nelayan antara lain melalui kegiatan pembangunan infrastruktur perikanan tangkap seperti pelabuhan perikanan, TPI, fasilitas oprasional SPDN/SPBUN, dll. Serta Efesiensi sisten usaha dengan peningkatan pelayanan di pelabuhan perikanan, peningkagan pelayanan berusaha di sub sektor perikanan tangkap, penguatan sistem perizinan,” Rahmat Irwan.

Terpisah, ibu Sumiati (49) warga Kelurahan Rimuku yang juga sebagai penerima bantuan 1.000 paket sembako, mengucapkan terimakasih atas bantuan yang berikan oleh KKP, Komisi IV DPR – RI bapak SDK serta Bupati Mamuju Hj. St. Sutinah Suhardi.

“Mudah – mudahan bantuan ini bisa ada terus, jangan hari ini saja,” demikian harap Sumiati.

hms/rfa

image_pdfimage_print

Komentar

News Feed