oleh

Dari Polman, 35 Perahu Sandeq Berlayar ke Kalimantan

banner 728x90

Pj. Gubernur Sulbar, Akmal Malik Pastikan Persiapan Penyambutan Peserta Festival Sandeq

BALIKPAPAN, DIKITA.id – Festival Sandeq Tahun 2022, diikuti sebanyak 35 Perahu Sandeq. Berangkat dari Polewali Mandar (Polman) akan berlayar Kalimantan Timur (Kaltim).

Para peserta Festival Sandeq, dilepas di Pantai Tanjung Silopo, Polman pada 31 Agustus. Dijadwalkan, tiba di Pantai Manggar Kalimantan Timur 9 September 2022 mendatang.

Untuk rute Festival Sandeq 2022, ialah Tanjung Silopo – Pantai Banggae – Pantai Palipi – Pantai Deking dan Pantai Manakarra. Selanjutnya, menuju Pulau Ambo dan Pulau Salissingan Mamuju, finishnya di Pantai Manggar, Kalimantan Timur.

35 Perahu Sandeq telah mengarungi sejumlah rute. Saat ini, sedang beristirahat di Pulau Ambo. Besok Selasa 6 September akan berlayar ke Pulau Salissingan dilanjutkan ke Pantai Manggar, Kalimantan Timur.

Sebelum para peserta Sandeq tiba di titik finish, Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik tiba dulu, guna meninjau persiapan penyambutan peserta.

Nampak pula, Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, dan Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar dalam kesempatan tersebut.

Pj. Gubernur, Akmal Malik, tiba lebih awal guna memastikan persiapan penyambutan peserta Festival Sandeq pada 9 Sepetember mendatang.

Akmal Malik mengatakan, pada penyambutan peserta Festival Sandeq, akan dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Sehingga, diharapkan persiapan penyambutan benar-benar matang.

Sejauh ini kata dia, semua persiapan telah dikomunikasikan Tim Balikpapan dengan Tim Presiden dan Menterian Pemuda dan Olahraga (Menpora).

“Jika persiapan matang maka tentunya kegiatan ini akan sukses dan berhasil,” kata Akmal Malik, Senin 5 September 2022.

Sementara itu, Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengatakan, untuk persiapan penyambutan telah matang dari jauh-jauh hari.

Ia mengatakan, Festival Sandeq merupakan kali pertama akan finish di Balikpapan, tentunya selaku tuan rumah sudah berbenah.

“Sebagai tuan rumah yang baik, kami sudah siapkan yang terbaik,” kata Rahmad Mas’ud.

Sampai saat ini kata dia, tidak ada kendala signifikan yang bersifat menghambat jalannya penyambutan Festival Sandeq.

“LO kita sudah menyiapkan fasilitas untuk menyambut pahlawan laut passandeq kita,” tandasnya.

wa/rfa

image_pdfimage_print
Spread the love

Komentar

News Feed