Ombudsman Minta Transparansi Retribusi di Pelabuhan Kelas III Majene

MAMUJU, DIKITA.id –  Setelah melakukan proses tindaklanjut, Tim Ombudsman RI Sulawesi Barat akhirnya melakukan penutupan aduan terkait dugaan penyimpangan prosedur di pelabuhan kelas III Majene.

Sebelumnya pihak UPP Kelas III Majene (Unit Penyelenggara Pelabuhan), dilaporkan ke Ombudsman mengenai ketidakjelasan pungutan dan pengelolaan parkir atau retribusi masuk di Pelabuhan Palipi Kabupaten Majene.

Hasil pemeriksaan tim pemeriksa Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat menyimpulkan bahwa terdapat Maladministrasi dalam pelayanan retribusi jasa kepelabuhanan di Pelabuhan Palipi dan Majene.

“Bentuk Maladministrasi yang ditemukan, pihak UPP kelas III Majene tidak memberikan pelayanan  kepada publik terkait informasi tarif dan jenis-jenis retribusi jasa  pelabuhan di pelabuhan Palipi dan Majene,” jelas Muh. Asri Selasa (04/08).

Adapun tindakan korektif yang dilakukan tim Ombudsman. Terlapor harus melakukan saran Ombudsman melengkapi informasi terkait tarif dan jenis – jenis retribusi jasa kepelabuhanan di Pelabuhan Palipi dan Majene khususnya informasi terkait retribusi terminal penumpang kapal laut dan informasi pas kendaraan yang sudah termasuk uang parkir.

Muhammad Asir juga menegaskan, setelah penutupan laporan ini pihaknya akan memberikan waktu kepada UPP Kelas III Majene selaku terlapor untuk melaksanakan tindakan korektif dimaksud dalam waktu 30 (tiga puluh) kedepan. “setelah 3 hari kami akan kembali melakukan monitoring untuk memastikan saran perbaikan tersebut dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya. (ali/rfa)

image_pdfimage_print
Spread the love

Komentar