oleh

Peduli Covid-19, LDII Sulsel Bagi Nasi Kotak ke Panti Asuhan dan Kaum Duafa

banner 728x90

MAKASSAR, DIKITA.id  – Meluasnya pandemi covid-19 mendorong Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulawesi Selatan melakukan aksi sosial kemanusiaan. Sebagai wujud kepedulian atas dampak penyebaran virus korona, LDII Sulawesi Selatan membagi nasi kotak kepada masyarakat yang membutuhkan di beberapa lokasi di Kota Makassar disaat menjelang berbuka puasa.

Wakil Ketua LDII Sulawesi Selatan Asdar Mattiro SSos menguraikan, LDII Sulawesi Selatan turut mengambil peran mengurangi kesulitan masyarakat. “Kami dari LDII Sulawesi Selatan melakukan giat peduli covid-19. Dari kuantitasnya tidaklah terlalu besar. Tetapi ini dilandasi niat ikhlas untuk meringankan beban orang-orang yang terdampak covid-19. Kami ikut serta mengurangi sedikit beban masyarakat. Kami memberikan sumbangan bantuan berupa buka puasa nasi dus,” tutur Asdar saat diwawancarai di sela-sela kegiatan di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (10/5/2020).

Ikut dalam aksi sosial ini, beberapa pengurus harian LDII Sulawesi Selatan. Hadir Wakil Ketua LDII Sulawesi Selatan Asdar Mattiro SSos, Hatta Tohuri, Ilmaddin SPd, Ahmad Riefai Hatta SPWK, Mujahidin ST, dan belasan Pemuda LDII. Lokasi pertama yang dikunjungi yaitu Panti Asuhan Shiratal Mustakim di Jalan Paccerakkang Berua, Kota Makassar. Di panti asuhan ini, tim LDII Sulawesi Selatan Peduli bertemu 2 orang ibu-ibu pengurus panti dan 7 orang anak panti asuhan. Selanjutnya, tim menyerahkan nasi kotak untuk hidangan berbuka puasa.

Prosesi pembagian nasi kotak tetap mengikuti standar protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19. Tim LDII yang turut dalam kegiatan sosial ini mengenakan masker, sarung tangan, dan menerapkan physical distancing. Selanjutnya, sekitar pukul 17.15 wita, tim bergerak menggunakan 4 unit mobil menuju ke Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Makassar.

Lokasi kedua yang tim kunjungi ialah di depan Pura Giri Natha dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tamalatea. Lokasinya tidak jauh dari Markas Batalyon Raider Infanteri Yonif 700/Wira Yudha Cakti. Disana, tim LDII Peduli membagi nasi kotak kepada satu per satu nasi kotak kepada para duafa yang memerlukan bantuan makanan. Sekitar pukul 17.30 wita, tim LDII Peduli membagikan nasi dos kepada masyarakat yang membutuhkan. Hanya dalam hitungan menit, ratusan nasi kotak habis dibagi. Tidak hanya itu, tim LDII Peduli juga menyasar tukang becak dan tukang ojek.

Bantuan nasi kotak untuk buka puasa tersebut, kata Asdar LDII bagikan kepada anak-anak panti asuhan, duafa, supir angkot, dan tukang ojek. “Kami berharap ini adalah sumbangsih DPW LDII Sulawesi Selatan dalam rangka meringankan beban kehidupan masyarakat yang terdampak covid-19,” ujar Asdar.

Adapun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar memasuki tahap kedua. Masa PSBB berlaku pada 8-22 Mei 2020 dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal ini tentu berdampak pada aktivitas ekonomi masyarakat. Pembagian nasi dus yang LDII lakukan sebagai bentuk sedekah di Bulan Ramadan. Pukul 17.40 wita aksi selesai dilaksanakan dengan aman, selamat, lancar, dan barokah. “Sebagai amalan yang menambah pundi-pundi pahala di Bulan Ramadan,” kata Asdar.

Sebelumnya, pada Sabtu (18/4/2020) lalu, LDII Sulawesi Selatan melakukan pembagian masker kepada pengguna jalan di Kota Makassar. Sebanyak 23 orang pemuda LDII mengenakan mengikuti kegiatan tersebut. Turut serta dalam kegiatan LDII peduli tersebut, Ketua LDII Sulawesi Selatan Dr Ir Abri MP, Wakil Ketua LDII Sulawesi Selatan Asdar Mattiro SSos dan Drs Renreng Tjolli MAg. (hms/rfa)

image_pdfimage_print

Komentar

News Feed