oleh

KTT G20 Bakal Dihari 19 Negara, Indonesia Tuan Rumah

banner 728x90

JAKARTA, DIKITA.id – Di akhir Tahun 2022, Indonesia seakan mendapatkan hadiah terbesar, bagaimana tidak, Indonesia mendapat kesempatan untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah sebuah event global.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bakal digelar di Indonesia tepatnya di Pulau Bali pada 15 hingga 16 November mendatang.

Kegiatan tersebut bakal dihadiri 19 Delegasi Negara serta satu kawasan ekonomi, yaitu Uni Eropa.

19 Negara yang akan hadir dalam event global itu diantaranya, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, dan Turki.

Pertemuan itu mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Pada KTT G20 ini Indonesia mengajak seluruh dunia untuk bekerja sama memulihkan diri dari pandemi serta membangun dunia secara berkelanjutan.

Pengamat politik internasional Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nanto Sriyanto mengatakan, pemerintah sudah melakukan hal yang maksimal untuk gelaran G20 ini. Ini terlihat saat pertama kali Indonesia menerima tampuk kepemimpinan G20 dari penyelenggara atau negara sebelumnya.

Ia mengatakan, ada usaha lebih yang dikerahkan oleh pemerintah Indonesia terhadap hajat besar ini. Memang gelaran ini awalnya diharapkan sebagai momentum untuk bangkit dari pandemi Covid-19. Akan tetapi lebih dari itu.

“Saya rasa pemerintah sudah address semua itu secara pantas,” kata Nanto Sriyanto dikutip daei GATRA.com.

wa/rfa

image_pdfimage_print
Spread the love

Komentar

News Feed