oleh

SDK Buka Akses Permodalan Bagi Nelayan di Majene

banner 728x90

MAJENE, DIKITA.id – Anggota DPR RI, Komisi IV Fraksi Partai Demokrat, Dr. H. Suhardi Duka berharap nelayan bisa memanfaatkan akses permodalan sehingga bisa meningkatkan usahanya.

Hal itu disampaikan saat menghadiri dan membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Akses Pembiayaan yang dilaksanakan direktorat usaha dan investasi ditjen penguatan daya saing produk kelautan dan perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Pada kesempatan ini hadir juga pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan, Wakil Bupati Majene Aris Munandar, Wakil ketua DPRD Majene Edward, Kepala DKP Majene Ir. Hj. Ichwanti, pihak perbankan dan ratusan masyarakat nelayan sebagai peserta.

Lanjut kata Suhardi Duka (SDK), di Indonesia nelayan selalu posisi sebagai masyarakat miskin, yang disebut kaya pedagang dan konglomerat. Padahal potensi laut sangat besar, bisa memberikan kekuatan pada rakyatnya. Hanya saja sering dicuri negara lain dari pada dikelolah dalam negeri.

Hal tersebut terjadi karena mereka punya sumber daya yang bagus didukung teknologinya.

“Dan ini harus kita rubah, sebab kita punya kekuatan di sektor kelautan. Kalau itu kita perbaiki akan berimbas pada yang lain,” sebut SDK.

Sambung SDK, padahal kandungan ikan sangat baik untuk membantu mengurangi stunting, dimana saat ini Sulbar tinggi angka stunting-nya. Untuk itu harus diberikan akses pada nelayan. Baik itu akses sumber daya maupun permodalan, sehingga mampu mengolah ikan dengan baik.

“Akses modal bisa melalui bank, bangun kepercayaan terhadap perbankan. Dan saya yakin, usaha nelayan itu menguntungkan jika dikelola dengan baik,” tuturnya.

Mantan Bupati Mamuju dua periode ini juga berharap ada kolaborasi antara masyarakat nelayan dengan kementerian kelautan dan perikanan (KKP), sehingga mampu memanfaatkan teknologi dengan baik.

“Dengan teknologi nelayan bisa tahu spot ikan sehingga mengurangi biaya produksi. Nelayan kerjasama dengan KKP, jika mau melaut bisa cari tahu dulu dimana spot ikan. Sehingga semakin efektif,” ucap SDK.

SDK juga menyampaikan terkait pelaku budidaya ikan, harus mampu menyesuaikan kebutuhan pasar. Dan dirinya sangat support usaha nelayan, serta akan membantu memberikan bantuan cool box sebanyak 20 unit serta pembeku ikan atau freezer di tahun 2023 mendatang.

Sementara itu, Wabup Majene, Aris Munandar menyampaikan atas nama pemerintah kabupaten mengucapkan terima kasih kepada Suhardi Duka atas perhatian penuh kepada kabupaten Majene.

“Tercatat setiap saat menyempatkan hadir di Kabupaten Majene, sebelumya konsen di pertanian dan kehutanan, saat ini menyasar sektor kelautan. Terima kasih kepada bapak Suhardi Duka,” pungkas Aris Munandar.

Masih kata Aris, kita ini potensi sumber daya alam sangat besar, cuman terkendala akses pembiayaan. Kita banyak usaha tapi masih belum berkembang hanya memang akses terbatas. Padahal kita berharap bisa berkembang lebih luas, lebih terkenal dan memberikan nilai tambah lebih.

Sehingga dengan adanya kegiatan Bintek ia berharap peserta serius dan bisa bermanfaat dalam mengembangkan usaha.

“Kita berharap pada kegiatan ini pengelolaan ikan lebih bisa di dukung,” imbuhnya.

Sedangkan, Kepala DKP Majene, Ir. Ikhwanti, menyampaikan harapan atas kehadiran Suhardi Duka membawa kesejahteraan bagi masyarakat nelayan. Sebab menurutnya akses pembiayaan sangat penting, karena salah satu kendala pelaku usaha sehingga kurang berkembang dan lambat karena tidak adanya modal usaha.

Ia menjelaskan, jika di Majene pelaku usaha itu ada penangkapan ikan, pembudidaya berupa ikan air payau atau tambak, juga ada pelaku usaha tambak garam yang jumlahnya masih kecil, serta pelaku usaha pengolahan dan pemasaran.

“Semoga dengan kegiatan ini pelaku usaha mendapatkan akses permodalan sehingga bisa berkembang. Yang selama ini hanya abon, pupu, dan ikan asap. Padahal masih banyak lagi yang bisa diolah. Semoga kehadiran bapak Suhardi Duka bisa membantu karena APBD kita kecil. Kita mau berbuat tapi terbatas,” ungkapnya.

Sementara itu, pihak KKP Prayudi Budi Utomo menyampaikan terima kasih kepada bapak anggota DPR RI Suhardi Duka, karena atas dukungannya kegiatan bisa terlaksana.

anh/rfa

image_pdfimage_print
Spread the love

Komentar

News Feed