oleh

Perkuat Sinergi, Akmal Malik Pimpin HLM Pengendalian Inflasi

banner 728x90

MAJENE, DIKITA.id – Pj Gubernur Sulbar , Akmal Malik membuka High Level Miting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah Se -Sulawesi Barat di Majene, Rabu 9 November 2022.

Pj Gubernur Sulbar , Akmal Malik mengatakan, permasalahan inflasi menjadi perhatian Presiden dan itu telah ditindaklanjuti oleh Mendagri agar seluruh daerah memberikan perhatian yang serius, begitu juga di Sulbar.

“Kami berterimakasih kepada BI yang memberikan perhatian dan kolaborasi bersama untuk menekan inflasi,” kata Akmal Malik.

Beberapa item seperti beras dan minyak masih menjadi penyumbang Inflasi, namun ia heran karena Sulbar surflus.

“Distribusi pasokan pangan menjadi kunci agar inflasi dapat ditekan, seperti daerah yang memiliki pasokan lebih dapat menyuplai darah yang mengalami kekurangan, inilah menjadi esensi,” ucapnya.

Persoalan tata kelola, selama ini masih menjadi persoalan banyaknya anggaran terkait penanganan inflasi tidak tersalurkan dengan maksimal.

Ia pun memerintahkan kepala dinas terkait untuk melakukan pengadaan bibit, di setiap kabupaten tanaman yang potensial untuk dilakukan penanaman sebagai antisipasi ancaman inflasi di Desember.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Sulbar , Hermanto mengaku bersyukur perekonomian menunjukkan hal positif, karena pertumbuhan ekonomi Sulbar dari data BPS tumbuh 3,39.

“Meningkat dibandingkan sebelumnya, ini tentunya hal yang positif sejak covid kita mengalami pertumbuhan negatif, dan saat ini positif lagi,” kata Hermanto.

Namun kondisi itu secara nasional, Sulbar dibandingkan provinsi lain Sulbar berada di nomor enam terendah secara nasional dengan pertumbuhan ekonomi secara tahunan pada Oktober sebesar 5,26 persen.

“Namun kita masih punya dua bulan November dan Desember, resiko inflasi cukup tinggi. Sehingga ini menjadi perhatian untuk menekan infalasi khususnya untuk pangan,” ucap Hermanto.

Ia memprediksi, Sulbar dapat kembali mengalami inflasi jika tidak ditangani dengan serius.

rls/rfa

Adv. Pemprov Sulbar

image_pdfimage_print
Spread the love

Komentar

News Feed