oleh

Parlemen Korea Selatan Dukung Sulbar Kerjasama Smart Farming

KORSEL, DIKITA.id – Anggota Parlemen Nasional Republik Korea, Lee Won Taeg menyatakan dukungan penuh pada upaya kerjasama penerapan smart farming antara Pemerintah Provinsi Jeollabuk-do, Korea Selatan dan Pemprov Sulawesi Barat (Sulbar), Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Lee Won Taeg saat menerima kunjungan PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama rombongan dari Kementerian Pertanian, Jumat , 17 Maret 2023

Diketahui, Lee Won Taeg merupakan anggota parlemen Korea Selatan, berada dalam komite yang membidangi pertanian, pangan, masalah pedesaan dan kelautan perikanan di Korea Selatan.

“Kami mendukung penuh rencana kerjasama Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dengan Provinsi Jeallobuk,” kata Lee Won Taeg seperti disampaikan PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik.

Dalam pertemuan itu juga, Lee Won Taeg yang berasal dari daerah pemilihan Provinsi Jeollabuk-do, menyatakan rasa senang dengan rencana kerjasama ini dan selanjutnya akan membicarakan potensi kerjasama ini bersama Kementerian Pertanian, Korea Selatan, agar kerjasama alih teknologi smart farming di Provinsi Jeollabuk-do bisa dilaksanakan di Indonesia, khususnya di Sulawesi Barat.

“Kami berharap dan berusaha agar penerapan sistem smart farming untuk pengelolaan sektor pertanian lebih maju dan modern di Sulbar bisa segera berjalan,” terang Akmal Malik.

Untuk tahap awal pelaksanaan kerjasam, tim dari Korea Selatan bersama dengan tim Pemprov Sulbar dan difasilitasi Kementerian Pertanian RI diminta segera mengidentifikasi komoditi apa saja yang akan dikerjasamakan dalam smart farming nantinya.

“Akan segera diidentifikasi kebutuhan pelaksanaan kerjasama ini. Diidentifikasi pula komoditi yang akan dimasukkan dalam program kerjasama smart farming ini nantinya,” pungkas Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini.

wah/rfa

ADV.

image_pdfimage_print
Spread the love

Komentar