oleh

Jangan Malas, Mama Kece Hadir untuk Anda

banner 728x90

MAMASA, DIKITA.id – Program Mama Kreatif dan Cerdas (Mama Kece), merupakan gagasan Sandi Kariwangan, salah satu peserta Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) IV Tahun 2021.

Diklatpim IV ini, diselenggarakan Lembaga Aparatur Sipil Negara (LAN) RI, bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Mamasa.

Mama Kece, adalah langkah pemberdayaan masyarakat, terkhusus bagi kaum ibu-ibu di pedesaan. Dapat meningkatkan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di desa.

Selain itu, Mama Kece juga bertujuan untuk pelaksanaan pengelolaan limbah dengan metode 3R yakni Reuse, Reduce, dan Recycle. Artinya, menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya, mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.

Tak hanya itu, manfaat Mama Kece di masyarakat tentu berdampak positif, karena dapat digunakan sebagai pasar digital oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sebagai wadah perluasan akses pemasaran produk masyarakat.

“Contohnya mengolah minyak goreng bekas jadi sabun cuci dan lilin aroma terapi,” kata Sandi Kariwangan.

Dengan demikian, Sandi berharap agar program tersebut dapat dipergunakan masyarakat untuk berkreasi, hingga menjadi nilai jual tersendiri.

“Ini juga sebagi langkah penanggulangan angka kemiskinan di Kabupaten Mamasa secara umum,” tandasnya.

wa/rfa

image_pdfimage_print

Komentar

News Feed