oleh

Berikut Cara Mudah Lunasi Tunggakan Iuran JKN

banner 728x90

KENDARI, DIKITA.id – BPJS Kesehatan Cabang Kendari terus berupaya membagikan informasi mengenai kemudahan bagi peserta yang ingin melunasi tunggakan iuran kepesertaan JKN melalui program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), Selasa (13/09). Melalui Program REHAB, peserta JKN khususnya segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dapat melunasi tunggakan iurannya dengan lebih mudah.

“Kami berharap Pogram REHAB ini dapat diketahui oleh masyarakat luas karena program ini dihadirkan sebagai solusi dan cara mudah bagi peserta untuk dapat membayar tunggakan iuran JKN,” ujar Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Ridwansyah.

Ridwansyah menjelaskan, setelah mendaftar sebagai peserta Program JKN, peserta memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran secara rutin agar memastikan kepesertaan aktif dan dapat digunakan jika ingin mengakses pelayanan kesehatan.

“Peserta segmen PBPU dan Bukan Pekerja (BP) memiliki kewajiban untuk membayar iuran secara rutin setiap bulannya. Hal itu telah disampaikan oleh petugas kami pada saat pendaftaran. Namun, karena beberapa kondisi misalnya lupa dan lain sebagainya peserta tidak melakukan pembayaran sehingga terjadilah tunggakan iuran,” lanjutnya.

Untuk memastikan masyarakat mengetahui program tersebut, BPJS Kesehatan selain melakukan penyampaian informasi dan membagikan flyer di tempat-tempat umum, Ridwansyah mengatakan bahwa BPJS Kesehatan juga aktif membagikan informasi mengenai Program REHAB melalui media sosial dan penyampaian melalui petugas telecollecting pada peserta menunggak.

BPJS Kesehatan berharap dengan adanya kemudahan yang diberikan, peserta menjadi antusias untuk mengikuti program ini sehingga tingkat keaktifan peserta juga dapat meningkat. Ditemui di tempat yang sama, salah satu peserta Program JKN, Idul mengakui telah berhasil memanfaatkan Program REHAB melalui Aplikasi Mobile JKN. Dirinya mengaku sangat terbantu melunasi tunggakan ibunya dengan Program REHAB.

“Dengan Program REHAB, saya telah berhasil melakukan pembayaran bertahap untuk tunggakan iuran ibu saya. Terdaftar pada hak kelas dua dengan tunggakan iuran sampai dua tahun lebih, rasanya cukup berat untuk membayar sekaligus. Tetapi karena sudah ada program Rehab jadi ini adalah kesempatan saya untuk mengangsur tunggakan ibu sampai lunas,” ucap Idul.

image_pdfimage_print
Spread the love

Komentar

News Feed